ORIENTASI PELANGGAN DAN KEMAMPUAN UNTUK MEMENUHI KEINGINAN KONSUMEN DALAM MENCAPAI KINERJA PEMASARAN SEKOLAH-SEKOLAH SWASTA DI PONTIANAK,KALBAR
DOI:
https://doi.org/10.54526/jes.v9i2.368Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pelanggan, kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen, inovasi pemasaran, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran sekolah-sekolah swasta di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan model mediasi untuk mengevaluasi peran variabel consumer need adaptability dan marketing innovation dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan berpengaruh signifikan terhadap inovasi pemasaran dan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen, yang kemudian meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya inovasi pemasaran dan strategi adaptasi kebutuhan konsumen sebagai elemen kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif. Rekomendasi praktis mencakup penguatan strategi pemasaran berbasis pelanggan dan peningkatan keterampilan manajemen inovasi di sekolah-sekolah swasta untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan operasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ERVA SURIYANTI ERVA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.